Wisata Murah Di Situ Bagendit Garut

Situ Bagendit (Danau Bagendit) masih menjadi salah satu tempat Wisata favorit para wisatawan apabila berkunjung ke Kota Garut. Situ Bagendit merupakan danau yang dilingkupi kawasan yang masih alami, dikelilingi oleh pesawahan dan perkampungan penduduk dengan latar pegunungan yang indah. Situ Bagendit terletak di Kec. Banyuresmi. Dengan luasnya yang lebih dari 124 Ha, maka Anda bisa berlayar ke tengah situ dengan menggunakan rakit, sepeda air, Canoe, atau memancing di sini.

Danau ini mempunyai legenda yang katanya, dahulu kala rombongan Nyai Ronggeng Baged dan Nyi Endit tenggelam di sini. Itulah asal-usul penamaan Bagendit.

Suasana di Objek Wisata ini pun tergolong nyaman karena Objek Wisata ini di kelola oleh Dinas Pariwisata setempat. Contohnya kawasan ini mempunyai lahan parkir kendaraan yang luas, yaitu kurang lebih 1.400 m2 dengan daya tampung 30 bus, 60 kendaraan pribadi, dan 180 kendaraan bermotor. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat untuk memarkirkan kendaraan yang Anda bawa.

Di kawasan ini terdapat taman bermain dengan pohon – pohon peneduh yang cukup, tempat ibadah berupa Mushola dan 10 buah tempat sampah yang tersebar di beberapa titik. Jadi, jangan sampai Anda membuang sampah sembarangan ya! Mari kita ikut melestarikan alam Situ Bagendit.

Untuk aksesibilitas, lokasi Situ Bagendit ini berjarak kurang lebih 4 Km dari pusat kota Garut. Terdapat angkutan umum berupa angkot jurusan terminal Guntur – Kp. Mengger dan juga Garut – Limbangan dengan tarif kira-kira Rp. 2.000. Untuk masuk ke kawasan ini, Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp. 1.000/orang dewasa dan Rp. 500/anak. Untuk fasilitas, di sini ada penyewaan rakit yang banyaknya kurang lebih 60 buah dengan tarif Rp. 25.000/15 menit dan juga penyewaan sepeda air dengan tarif Rp. 10.000/15 menit. Ada pula penyewaan shelter yang banyaknya 6 buah dengan tarif Rp. 3.000/jam dan kereta api mini dengan tarif Rp. 2.000. Murah bukan?