Wisata Kota Batu Malang, Asiknya Malam Di Alun-Alun

Wisata Kota Batu Malang, Asiknya Malam Di Alun-Alun

Wisata Kota Batu Malang, Asiknya Malam Di Alun-Alun

Malang memang memiliki sejumlah wisata menarik baik wisata alam maupun wisata lainya. Ketika anda sedang berwisata di kota malang sempatkanlah untuk berkunjung ke alun-alun di Batu. Karena tempat ini merupakan salah satu wisata malam yang favorit di daerah batu. Ribuan orang terutama anak muda menjadikan alun-alun batu menjadi tempat tongkrongan mereka saat malam hari. Karena suhu disini cukup dingin sehingga disarankan jika akan kesini memakai pakaian tebal.

Alun-alun Batu di Malang memang di desain sedimikian rupa sehingga dijadikan tempat olahraga, rekreasi dan bahkan untuk sarana edukasi. Para pengunjung tak perlu mengeluarkan kocek untuk memasukinya karena gratis. Namun jika ingin menaiki wahana seperti wahana bianglala anda harus membayar Rp 3 ribu. Dari kabin bianglala ini anda akan melihat indahnya kota batu saat malam hari dari atas ketinggian. Sejak direnovasi dan secara resmi dibuka pada mei 2011 lalu, alun-alun batu memang seolah menjadi ikon baru bagi pariwisata kota batu. Selain bianglala alun-alun ini memiliki sejumlah fasilitas menarik. DI tengah-tengah alun-alun terdapat patung buah apel yang menjadi ikon dari kota di Jawa timur ini. Bagi anda yang membawa anak-anak disini juga tersedia play ground mini. Di depan plaza batu terdapat air mancur. Terkadang beberapa anak sering bermain basah-basahan di tempat tersebut. Ada juga ruang informasi dan area no smoking yang berbentuk buah strawberry. Di sebelahnya terdapat toilet yang didesain mirip dengan buah apel. 

Selain untuk tempat nongkrong, alun-alun kota batu juga sering digunakan untuk tempat menggelar pentas seni.l Banyak musisi lokal maupun nasional yang pernah manggung di sini. Menikmati malam di alun-alun kota batu ditemani warna-warni cahaya lampion menciptakan suasana yang menyenangkan. Di beberapa sudut juga terdapat beberapa penjual makanan. Namun setelah membeli makanan, jangan membuang sampahnya sembarangan. Pasalnya disni kebersihan sangat terjaga sehingga para pengunjung bisa merasa nyaman. 

Alun-alun kota batu dikelola oleh Panca Karya Bakti. Sebuah perusahaan yang awalnya didirikan oleh 4 ormas diantaranya Pemuda Pancasila, PPM, FKPPI dan Legiun veteran. Meski di kelola oleh swasta namun tetap dilakukan pengawasan oleh pemkot Batu. Kota Batu sebenarnya awalnya masuk dalam administrative Kabupaten Malang. Namun karena memiliki kemajuan disektor pertanian dan pariwisata, Kota Batu mampu mengembangakan menjadi kota yang mandiri. Sekrang Kota Batu telah menjadi ikon tersendiri untuk wisata Jawa Timur salah satunya adalah Alun-Alun Kota Wisata Batu.