Panorama Waduk Jatiluhur Purwakarta Jawa Barat

Selama ini waduk Jatiluhur dikenal sebagai tempat untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Meskipun demikian Waduk Jatiluhur sebenarnya memiliki panorama alam yang bagus. Saking luasnya area waduk yakni sekitar 8.300 ha, membuat waduk ini seperti layaknya di pantai dengan beberapa bukit yang mengelilinginya. Selain digunakan sebagai PLTA waduk jatiluhur juga digunakan untuk mengairi sawah-sawah penduduk dan untuk pengendalian banjir. Belum lama ini waduk jatiluhur mulai dikembangkan sebagai obyek wisata. Beberapa fasilitas mulai dibangun seperti water world, hotel, restaurant, camping ground, sarana untuk olah raga air dll. Hal ini mendapat respon positif dari para wisatawan. Beberapa pengunjung baik dari daerah sekitar maupun luar daerah berduyun-duyun untuk berwisata di Waduk Jatiluhur.

Waduk Jatiluhur terletak di Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat sekitar 9 Km dari pusat Kota Purwakarta. Setelah dilakukan penataan dan pengelolaan secara profesional kawasan wisata di Waduk Jatiluhur dinamakan Grama Tirta Jatiluhur. Nama tersebut diambil dari bahasa sansekerta yang mempunyai arti kampung air. Di Kawasan Waduk Jatiluhur terdapat wahana permainan air yang bernama water world. Didalamnya terdapat 4 kolam yang terdiri dari kolam renang olimpic, kolam dangkal, kolam untuk anak-anak, dan kolam untuk orang dewasa. Beberapa fasilitas yang khas dengan wahana permainan air seperti papan seluncur, ember tumpah, Bungge trampolin juga sudah disediakan. Sobat juga bisa menikmati panorama alam di kawasan waduk jatiluhur dengan berkeliling dengan menggunakan perahu motor. Berkeliling waduk pada sore hari menantikan moment sunset adalah saat-saat yang romantis apalagi bersama sang dambaan hati. Jika mau yang lebih menantang, sobat bisa berkeliling waduk dengan menggunakan kayak. Kayak merupakan perahu kecil yang hanya muat satu orang saja, dan cara menjalankanya adalah dengan di dayung. Saat sobat mulai mendayung ke tengah waduk, hembusan angin yang cukup kencang akan menambah sensasi tersendiri.

Jika perut sudah mulai keroncongan maka saatnya untuk mencari santapan. Di atas waduk jatiluhur ini terdapat perkampungan atau lebih tepatnya kampung air yang menjajakan anekan makanan. Menikmati lezatnya ikan bakar dengan es kelapa muda adalah pilihan yang tepat sambil menikmati pemandangan waduk yang membentang luas. Apabila ingin mencari penginapan di sekitar waduk jati luhur tak usah khawatir. Beberapa penginapan mulai dari bungalow, hotel dengan kelas standar, deluxe, super deluxe hingga suite room semua ada disini. Nah, tinggal di sesuaikan saja dengan budget sobat.

Saking lengkapnya fasilitas di kawasan Kota Wisata Grama Tirta Jatiluhur, tak ada salahnya tempat ini dijadikan tujuan wisata untuk berlibur dengan teman, sahabat, ataupun dengan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *