Lokawisata Baturraden

Puncak, kawasan puncak merupakan salah satu lokasi yang sering dijadikan pilihan untuk menghabiskan weekend atau masa liburan bersama keluarga tercinta atau sahabat. Udaranya yang relative dingin, menyejukkan dan keindahan alamnya menjadi poin tersendiri hingga mampu menarik hati para wisatawan. Baturraden yang berlokasi di Kabupaten Banyumas merupakan salah satu kawasan puncak yang sering dijadikan sebagai tujuan wisata.

Berada di Lereng Gunung Slamet sebelah selatan dengan ketinggian ±640 mdpl, membuat Kawasan Wisata Baturraden berhawa sejuk dan menjadi semakin dingin ketika malam hari. Untuk mencapai kawasan Baturraden, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bila dari Purwokerto hanya berjarak ±15km ke arah utara kota, sedangkan kalau menggunakan kendaraan umum bisa dari terminal Kebondalem Purwokerto langsung menuju lokasi Wisata Baturraden.

Baturaden, lokawisata alam yang indah

Baturaden, lokawisata alam yang indah

Setelah sampai di lokasi, kita harus membayar tiket masuk sebesar 3ribu rupiah untuk setiap orang belum termasuk tiket parkir. Sedangkan untuk kendaraan dibandrol mulai dari seribu rupiah untuk kendaraan roda dua hingga 8ribu rupiah untuk kendaraan roda lebih dari 6 buah. Setelah memasuki area Baturraden, hamparan tanaman hijau dengan udara yang menyegarkan siap menyambut siapa saja yang datang, dan rasa lelah sepanjang perjalanan seolah hilang begitu saja.

Lokawisata Baturraden ini sudah ditunjang dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap, sehingga para pengunjung bisa lebih nyaman pada saat berada di lokasi. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya yaitu Wisma Baturraden yang berkapasitas 11 ruangan, home stay, hotel, resto, lapangan tenis, area perkemahan hingga peralatan untuk perkemahan. Selain itu, kita juga bisa menikmati pertujukan seni dan budaya yang digelar pada waktu-waktu tertentu, seperti Grebeg Syura yang dilakukan pada tanggal 9 di bulan Syura, Ebeg atau tarian kuda lumping yang diiringi dengan alat musik gamelan yang bernama bendhe. Dan yang tidak kalah menarik, kita bisa menikmati keindahan Gunung Slamet yang diselimuti hutan Heterogen, Kota Purwokerto, Pantai Cilacap dan Nusa Kambangan dengan cukup jelas bila cuaca sedang cerah.

Konon, Baturraden atau Baturaden berasal dari bahasa Jawa Batur yang berarti bukit, tanah, teman, pembantu dan Raden yang berarti keturunan bangsawan. Sedangkan menurut legenda yang beredar dikalangan masyarakat, ada dua versi cerita mengenai asal-usul Baturaden. Salah satu versi tersebut mengisahkan tentang seorang putra Raja (raden) yang jatuh hati kepada seorang pembantu (batur). Namun kedua orang tuanya tidak menyetujui, sehingga raden tersebut mengakhiri hidupnya dan tempat itulah yang kini dikenal dengan nama Baturaden.

Selain keindahan Lokawisata Baturraden itu sendiri, jaraknya yang berdekatan dengan beberapa lokasi wisata lain membuat para pengunjung semakin tertarik untuk singgah ke Baturaden. Lokasi wisata yang sering dikunjungi ketika berada di Lokawisata Baturaden diantaranya ada Pancuran Pitu, Pancuran Telu, Telaga Sunyi, Taman Kaloka Widyamandala, Curug Gede serta Wana Wisata. Sebelum meniggalkan Lokawisata Baturraden jangan lupa untuk singgah ke beberapa kios-kios cinderamata untuk membeli oleh-oleh. Kota Wisata.

Specifications

  • Tiket Masuk: Rp. 3.000/ orang (hari biasa) & Rp. 5.0000 (hari Minggu & Libur)
  • Alamat Lokasi: 14 km sebelah utara Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *