5 Tips Penting Ketika Membuka Usaha Perjalanan Haji Dan Umroh

Bagi banyak umat Muslim, melakukan perjalanan ke Mekkah untuk naik Haji ataupun perjalanan Umroh merupakan sebuah impian, bahkan tujuan hidup yang utama. Apalagi di Indonesia, yang merupakan negara dengan mayoritas umat Muslim terbesar di dunia. Melihat banyaknya para calon jemaah haji serta umroh ini bisa jadi peluang bisnis travel yang bagus.

Peluang usaha travel khusus Haji dan Umroh ini membutuhkan dana tidak sedikit, sehingga jika modal Anda hanya sedikit, lebih baik jadilah agen atau berafiliasi dengan perusahaan travel seperti Alfafa Universal yang sudah mapan. Anda akan mendapatkan :

  • Fasilitas melakukan booking tiket, hotel, dan peralatan lain yang diperlukan untuk membuka usaha travel.
  • Pelatihan khusus untuk bisa menggunakan alat-alat tersebut.
  • Perlengkapan untuk promosi dan membuka kantor Anda sendiri, seperti kartu nama, spanduk, stiker dan lain-lain.

Supaya usaha Anda ini bisa sukses, Anda harus melakukan hal-hal di bawah ini :

1. Fasilitas Berkualitas

Berikan kenyamanan dan fasilitas yang berkualitas bagi para jemaah haji dan umroh, sehingga mereka nyaman dari sejak awal berangkat hingga pulang kembali ke Indonesia.

2. Dokumen Beres

Urusan perizinan, dokumen legal, dan berbagai hal teknis dan administratif lainnya juga harus Anda urus dengan transparan.

3. Menyediakan Makanan Indonesia

Karena sebagian jemaah tak terbiasa dengan makanan asing, pastikan bahwa Anda telah bekerja sama dengan katering di sana untuk menyediakan makanan Indonesia.

4. Handle Dan Muthowif

Carilah dan jalin hubungan dengan handle dan muthowif yang bisa dipercaya, dan mampu memandu para jemaah dan membantu mereka dengan baik.

5. Armada Yang Bagus

Anda juga harus memastikan bahwa transportasi ketika sudah sampai di Tanah Suci juga lancar, dengan supir yang sabar dan tak suka mengebut.

Memilih ustadz yang juga lulusan dari Mekkah untuk membimbing para jemaah merupakan skenario ideal, demikian juga memastikan bahwa klien Anda mendapatkan layanan terbaik ketika sudah di Mekkah. Sukses tidaknya peluang bisnis travel ini sangat bergantung dengan bagaimana Anda bisa mengatur semua itu, dalam harga yang masih bersaing, tidaklah mahal, namun juga tidak murahan.